Saturday, December 27, 2014

Akik Kinyang Air yang Sebening Air

Aura sejuk, tenang, dan tentram seakan terpancar dari batu ini. Warna dan coraknya, memang sangat indah dan menarik. Itulah yang membuat batu akik natural kinyang air begitu didamba setiap pecintanya.

Batu akik natural kinyang air merupakan jenis batuan chalcedony. Keindahannya langsung terpancar, warnanya yang putih bening layaknya air.
Batu ini sering disebut juga dengan batu kenanga. Yang terbentuk dari bahan cadas kali atau pegunungan. Akik kinyang air, pada umumnya memiliki warna kuning yang bercampur dengan orange.
Ciri khas batu ini yaitu memiliki kandungan air tinggi. Dengan tingkat kekerasan 5-6 skala mohs, sehingga mudah pecah. Batuan ini pada umumnya memiliki tiga jenis pamor. Seperti pamor sulaiman, air widuri dan pamor collono atau pamor halus.
Batu kinyang air termasuk dalam kategori batu akik bukan batu mulia. Namun  dikalangan kolektor, batu ini cukup popular. Dipasaran, batu akik kinyang terdiri dari beberapa jenis. Dengan berbagai corak dan warna, misalnya kinyang air pelangi, air laut, kinyang es, emas, asap, badur dan kinyang embun
Ciri utama batu cincin kinyang air adalah, memiliki warna putih bening seperti batu es. Namun jika terkena sinar, akan terlihat seperti ada kilau pelangi di dalamnya. Sehingga banyak yang mengatakan mirip dengan batu biduri bulan

No comments:

Post a Comment