Monday, May 11, 2015

Kelap-kelip Batu Kalimaya

Anda pasti kenal dengan batu mulia jenis ini bukan? Ya, jika dilihat sekilas, batu ini memunculkan rona kelap-kelip pada sekujur tampilannya. Kalimaya. Batu Mulia kalimaya merupakan jenis permata asal daerah Banten.

Batu kalimaya banyak di buru oleh penghobi ataupun kolektor. Harganya pun bervariasi, ada yang murah bahkan sampai puluhan juta rupiah untuk kualitas terbaik. Khasiat dari batu kalimaya ini, dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri pemakainya, karena memiliki corak yang sangat indah dengan variasi warna yang mempesona.
Di pasaran internasional, Batu kalimaya asal banten ini dikenal dengan sebutan black oval. Harga yang ditawarkan pun cukup tinggi. Tidak heran jika batu kalimaya ini menjadi incaran para kolektor, baik dari dalam dan luar negeri, dengan harga yang sangat mengiurkan. Sangking kesohornya, batu kalimaya asli Indonesia ini pernah di jadikan mas kawin (mahar) dalam sebuah perkawinan di Jepang.

Jenis batu kalimaya bermacam-macam. Tergantung dari motif dan warna dasar batu tersebut. Demikian namanya, juga berbeda-beda seperti black oval, kalimaya susu, atau kalimaya kembang.
Banyaknya variasi dan corak warna seperti hijau, pink, merah, coklat, putih, dan lainnya membuat batu kalimaya ini terlihat sangat indah dan mempesona, sehingga sangat cocok untuk dijadikan perhiasan sebagai cincin permata, anting anting, kalung, liontin dan perhiasan lainnya untuk kegunaan masing masing pemiliknya. 
Disadur dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment